Cara Membuat Tabel di Microsoft Word

Cara Membuat Tabel di Microsoft Word

Microsoft Word adalah sebuah perangkat lunak atau software yang berfungsi untuk mengolah kata dan diproduksi oleh Microsoft. Ada banyak fitur yang bisa Anda operasikan dalam membuat sebuah dokumen untuk berbagai kepentingan. Tidak hanya merangkai kata, Anda juga perlu mengetahui cara membuat tabel di Microsoft Word.

Microsoft sudah menyediakan banyak pilihan Microsoft Word berdasarkan update dari tahun ke tahun, mulai dari 2007 hingga 2019. Umumnya, sistem pembuatan tabel tiap edisi hampir sama. Namun, ada baiknya Anda bisa menentukan cara yang paling mudah dan disukai untuk membuat tabel di Microsoft Word.

Cara Membuat Tabel di Microsoft Word dengan Mudah

1. Matriks

Merupakan cara paling mudah dan dasar yang bisa Anda terapkan untuk membuat tabel sebagai pemula. Dengan cara ini, Anda cukup menentukan berapa banyak baris dan kolom yang diinginkan. Tabel akan muncul pada dokumen secara cepat dan instan.

Langkah-langkah:

  1. Buka aplikasi Microsoft Word pada laptop atau komputer.
  2. Klik Blank Document.
  3. Pada bagian Menu Bar, Anda pilih Insert kemudian Table.
  4. Arahkan kursor untuk membuat tabel yang Anda mau, lalu klik supaya tabel bisa muncul.
  5. Tabel siap digunakan dan diisi dengan kata-kata atau data.

2. Convert Text to Table

Langkah-langkah:

  1. Buat New Document di Microsoft Word.
  2. Buat tulisan dan data yang akan dimasukkan ke dalam tabel terlebih dahulu. Gunakan koma sebagai sarana untuk memisahkan kolom dan baris.
  3. Kemudian blok semua data menggunakan kursor.
  4. Klik Insert pada Menu Bar, lalu pilih Table dan Convert Text to Table.
  5. Jumlah kolom dan baris sudah tertera secara otomatis oleh Microsoft Word. Pada bagian AutoFit Behavior, klik Auto Fit to Contents.
  6. Kemudian pada Separate Text at pilih Other dan ubah isi kotak dengan tanda koma. Apabila sudah, Anda cukup klik OK.
  7. Perbaiki tabel dengan cara menghapus kolom yang tidak terdeteksi. Anda cukup mengeblok kolom yang kosong kemudian tekan Backspace atau Delete pada keyboard laptop atau komputer.
  8. Pilih Shift Cells Left dan tekan OK.
  9. Tabel Anda siap tersimpan di dalam dokumen baru.

3. Insert Table

Cara Insert Table termasuk dalam kategori manual yang umum digunakan apabila ingin membuat settings pada tabel secara mandiri. Dengan cara ini, Anda bisa memperhitungkan terlebih dahulu berapa baris dan kolom yang akan diisi oleh data.

Langkah-langkah:

  1. Buka Blank Document Microsoft Word terlebih dahulu.
  2. Klik Insert pada Menu Bar, lalu lanjutkan dengan menekan Table.
  3. Cari Insert Table untuk mendapatkan settings tabel yang Anda inginkan.
  4. Atur kolom dan baris sesuai kebutuhan. Apabila sudah pas, Anda tinggal mengklik OK.
  5. Tabel siap digunakan.

4. Draw Table

Cara membuat tabel di Microsoft Wordyang mungkin jarang Anda temui adalah dengan menggambarnya. Anda bisa menggunakan cara ini apabila ada bentuk tabel khusus untuk dokumen tertentu. Draw Table akan membuat Anda sedikit berkreasi untuk menghasilkan tabel sesuai selera.

Langkah-langkah:

  1. Klik Insert pada Menu Bar setelah New Document sudah siap.
  2. Pilih Table dan lanjutkan ke Add a table untuk mendapatkan tampilan drop down kemudian klik Draw Table.
  3. Kursor Anda akan beralih fungsi menjadi sebuah pensil. Manfaatkan untuk melukis kolom dan baris dengan menggoreskan garis vertical atau horizontal.
  4. Anda bisa menggunakan Layout dari Table Tools untuk menghapus dengan Erase atau melanjutkangambar dengan Draw Table dalam pembuatannya.

5. Quick Tables

Dengan cara Quick Tables, Anda bisa memilih template secara instan dan mampu disesuaikan dengan kebutuhan tabel. Anda cukup mengklik menu Insert, pilih Table, dan pada menu drop down tersedia pilihan Quick Tables. Berikut beberapa template yang bisa Anda pilih:

  1. Calender 1-4
  2. Double Table
  3. Tabular List
  4. Matrix
  5. With Subheads 1-2

6. Menyisipkan Spreadsheet Excel

Membuat tabel dengan Spreadsheet Excel memiliki langkah-langkah yang tidak jauh berbeda dari cara lainnya. Membuat tabel dengan Spreadsheet Excel terbagi menjadi 2 jenis, yaitu spreadsheet kosong tanpa data dan spreadsheet yang sudah diisi data.

Membuat tabel Spreadsheet yang masih kosong

  1. Klik Insert dan Table seperti biasa. Cari dan klik Excel Spreadsheet.
  2. Anda akan menemui kotak Dialog Object, klik bagian Create New. Selanjutnya, ada kotak Object Type berisi banyak pilihan, Anda klik Microsoft Excel Worksheet dan tekan OK.
  3. Lembar kerja Spreadsheet kosong akan muncul dan bisa Anda isi dengan data yang dibutuhkan.

Menyisipkan tabel Spreadsheet yang sudah berisi data

  1. Ikuti langkah pertama dan kedua seperti cara di atas hingga Anda sampai ke Dialog Object.
  2. Klik bagian Create from File, lalu pilih Browse sampai muncul kotak dialog baru.
  3. Cari dan pilih file Spreadsheet yang ingin dimasukkan, lalu tekan tombol Insert. Apabila sudah benar, Anda tinggal menekan OK untuk menyisipkannya.

Cara Mengedit Tabel di Microsoft Word 2007, 2010, 2016, atau 2019

Untuk menghasilkan tampilan tabel yang sempurna dan sesuai keinginan, Anda bisa menyuntingnya terlebih dahulu melalui fitur yang sudah disediakan Microsoft Word. Sebagian besar penyuntingan dasar bisa Anda temui pada menu Table Tools.

1. Menghapus Kolom atau Baris

Blok beberapa kolom atau baris menggunakan kursor. Pada menu Table Tools terdapat Layout, kemudian klik Delete dan pilih Delete Rows atau Delete Columns.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah mengklik kanan pada mouse kemudian pilih Delete Cells untuk menekan Delete Entire Row atau Delete Entire Columns.

2. Menambahkan Kolom atau Baris

Pada menu Table Tools dan Layout, Anda sudah bisa menemukan bar menu khusus Rows and Columns. Tekan salah satu atau beberapa tombol apabila ingin menambahkan kolom atau baris ke kanan, kiri, atas, atau bawah.

Anda juga bisa menekan TAB selama beberapa saat untuk menambahkan baris. Lepaskan TAB apabila sudah cukup menambahkan baris.

3. Memecah Sel atau Tabel

Klik kanan pada mouse dan Anda akan menemukan tulisan Split Cells. Muncul dialog dengan kotak columns dan rows yang diisi untuk memecah sel sesuai jumlah yang diinginkan.

Anda juga bisa memanfaatkan Layout kemudian pilih dan tekan Split Cells untuk memecah sel atau Split Table untuk membagi sebuah tabel menjadi beberapa buah.

4. Menggabungkan Sel

Blok beberapa sel berupa kolom atau baris yang ingin digabungkan menjadi satu sel. Klik kanan pada mouse kemudian pilih Merge Cells. Pilihan cara lainnya adalah dengan melihat kembali menu pada Layout dan tekan pilihan Merge Cells. Beberapa sel tersebut telah tergabung secara otomatis.

5. Memberikan Warna dan Border

Kali ini Anda memanfaatkan menu Design pada Table Tools untuk mengganti style dan warna pada tabel. Gunakan menu bar Table Styles untuk memberi Shading pada background tabel dengan warna yang diinginkan.

Untuk menebalkan atau menambahkan border, klik Borders dan pilih model tepian mana yang ingin diterapkan di sisi tabel.

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menambahkan atau menyisipkan tabel pada dokumen Microsoft Word. Beberapa cara tersebut bisa Anda terapkan pada Microsoft Word 2007, 2010, 2016, hingga 2019. Pilih cara yang nyaman, mudah, dan cepat ketika harus memanfaatkan fitur tabel dalam melengkapi data yang sedang Anda kerjakan.

Cara Membuat Tabel di Microsoft Word

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Scroll to top