Cara Keluar Grup Whatsapp Tanpa Diketahui

3 min read

Cara Keluar Grup Whatsapp Tanpa Diketahui

Pernahkah Anda bergabung ke dalam sebuah grup Whatsapp yang terasa toxic dan menyebalkan? Anda jadi tidak nyaman dan ingin keluar dari sana. Namun, ternyata admin atau anggota lainnya adalah orang yang Anda segani dan terasa sungkan apabila keluar secara terang-terangan. Tetap tenang, Anda bisa menerapkan cara keluar grup Whatsapp tanpa diketahui.

Mengapa Anda Ingin Keluar Dari Grup Whatsapp?

Ada banyak alasan yang Anda miliki untuk keluar dari grup yang mengganggu. Namun, ada beberapa alasan logis yang menonjol dan banyak ditemui pada hampir semua grup Whatsapp. Tidak heran kalau Anda jadi salah satu yang ingin meninggalkan grup dengan beberapa alasan berikut.

  1. Obrolan yang tidak cocok dengan pembahasan Anda sehari-hari.
  2. Terlalu banyak hoax atau berita yang tidak dapat dibuktikan dengan benar.
  3. Adanya ujaran kebencian.
  4. Anda diinvite tanpa persetujuan dan lambat laun percakapannya semakin tidak nyambung.
  5. Memori smartphone sudah penuh. Whatsapp termasuk penyumbang memori terbanyak apabila setiap hari Anda menerima kiriman foto dan video dengan jumlah yang sangat banyak.

Cara Keluar Dari Grup Whatsapp Tanpa Diketahui

Kalau Anda memutuskan untuk keluar dari grup Whatsapp yang mengganggu sesegera mungkin, beberapa cara berikut dapat dicoba supaya tidak menarik perhatian. Keluar terang-terangan hanya akan menimbulkan pertanyaan yang menghebohkan, bukan?

1. Clear Data

Cara pertama supaya strategi Anda tidak ketahuan adalah dengan menghapus data dari smartphone. Nantinya Anda akan keluar secara otomatis tanpa pemberitahuan yang muncul di smartphone admin atau anggota lainnya.

Clear Data Whatsapp di Android

  1. Buka menu Pengaturan atau Settings pada smartphone dan masuk ke bagian Applications.
  2. Carilah aplikasi Whatsapp untuk dilakukan Clear Data.
  3. Pilih Storage atau menu Penyimpanan.
  4. Scroll atau geser ke bawah sampai Anda menemukan Clear Data kemudian pilih tombol tersebut untuk menghapus data Whatsapp.
  5. Masuk kembali dengan nomor yang Anda pakai untuk aplikasi Whatsapp. Lakukan 30-45 menit setelah Clear Data.
  6. Ikuti proses masuk seperti biasa dan pilih Restore kemudian Yes.
  7. Akun Anda akan kembali seperti semula tanpa ada grup yang mengganggu.

Clear Data Whatsapp di iOs

  1. Buka Settings pada aplikasi Whatsapp dan cari menu Data and Storage Usage.
  2. Pilih Storage Usage.
  3. Pilih grup yang ingin Anda tinggalkan atau hapus data-datanya.
  4. Tap Manage setelah scroll ke bawah. Centang data-data yang ingin Anda hapus, seperti chats, foto, video, documents, hingga stickers.
  5. Tap Clear sebanyak 2 kali sebagai tanda konfirmasi.
  6. Lakukan cara ini tanpa harus membuka lagi grup yang bersangkutan.

Untuk smartphone berbasis iOs, sampai saat ini Clear Data hanya mampu menghapus file, chats, dan dokumen lain tanpa mengeluarkan Anda dari grup Whatsapp yang bersangkutan secara otomatis.

2. Exit Group

Anda bisa meninggalkan grup tanpa jejak dengan menggunakan fitur yang sudah disediakan oleh Whatsapp. Lakukan dengan cepat dan teliti supaya tidak terjadi kesalahan yang justru menyebabkan admin atau anggota lain mengetahuinya.

  1. Buka aplikasi Whatsapp pada smartphone.
  2. Tap dan pilih grup Whatsapp yang ingin kamu tinggalkan.
  3. Ketuk titik tiga pada bagian kanan atas dan tap Lainnya atau Others.
  4. Cari pilihan Exit Group kemudian slide atau tap sesuai perintah.
  5. Muncul notifikasi mengenai konfirmasi untuk keluar dari grup. Pastikan Anda memilih untuk tidak menunjukkan notifikasi.
  6. Hapus grup yang sudah Anda tinggalkan untuk membebaskan memori yang sudah terpakai.

3. Change Number

Salah satu cara keluar dari grup Whatsapp tanpa diketahui dan sering digunakan meskipun terkesan agak rumit, namun efektif dan tanpa ketahuan. Anda hanya perlu menyiapkan nomor baru untuk menerapkan cara yang satu ini.

  1. Apabila ada banyak data dan chat yang tidak boleh ikut terhapus, Anda perlu melakukan backup data terlebih dahulu. Buka menu Settings, tap Chats, dan pilih Chat Backup untuk mengikuti instruksi mencadangkan pesan.
  2. Buka Settings pada Whatsapp dan tap pilihan Account untuk mencari opsi Change Number kemudian pilih Next.
  3. Pastikan nomor baru dan lama tetap aktif selama masa transisi nomor. Anda akan menerima SMS konfirmasi supaya penggantian tetap aman.
  4. Ketikkan nomor Whatsapp lama yang sudah terdaftar. Masukkan nomor baru yang akan dipakai untuk kebutuhan Whatsapp selanjutnya.
  5. Karena bersifat diam-diam, pastikan pemberitahuan penggantian nomor kepada kontak bersifat non aktif.
  6. Masukkan kode verifikasi melalui SMS. Pastikan semuanya berjalan lancar dan pilih opsi Selesai atau Done.
  7. Selamat, Anda berhasil keluar dari grup secara tidak terlihat dan diam-diam.

4. Change Number sementara

Kalau pada cara sebelumnya nomor baru sifatnya akan permanen, Anda bisa memanfaatkan nomor baru untuk sementara dengan cara ini. Beberapa orang mungkin merasa sayang apabila nomor yang sudah lama digunakan harus dibuang, padahal di dalamnya tersimpan banyak kontak penting.

Langkah-langkahnya sama seperti ketika Anda mengganti nomor akun Whatsapp dengan yang baru. Anda bisa menggunakan nomor baru tersebut selama beberapa waktu kemudian ganti kembali dengan nomor yang lama. Usahakan Anda memberikan jeda waktu mulai dari 45 menit dan seterusnya.

Hapus data kembali dengan mengatasnamakan nomor sementara. Masukkan kembali nomor lama dengan mengikuti instruksi yang telah diberikan. Jangan lupa kalau Anda akan menerima kode verifikasi melalui SMS.

Cara ini tergolong paling rumit, namun Anda berkesempatan untuk menyaring kembali grup-grup yang tidak sesuai dengan keinginan dan memilih untuk meninggalkannya supaya tidak mendapatkan informasi lagi.

5. Gunakan fitur Mute

Kalau Anda mencari cara yang tidak ribet dan tidak perlu kehilangan seluruh data, manfaatkan fitur Mute supaya tidak ada notifikasi masuk dari grup tersebut. Anda akan terhitung sebagai anggota yang tidak aktif dan akan tiba saatnya Anda dikeluarkan dari grup tanpa harus membuang tenaga.

  • Buka aplikasi Whatsapp dan masuk ke grup yang ingin Anda tinggalkan.
  • Tekan grup selama beberapa detik kemudian akan muncul ikon speaker yang dicoret. Ketuk ikon tersebut.
  • Pilih jangka waktu terpanjang untuk mematikan notifikasi grup.
  • Tap OK untuk mengonfirmasi.

Anda tidak akan lagi terganggu dengan membiarkan grup tanpa adanya notifikasi. Selama beberapa waktu Anda bisa jadi dikeluarkan karena dirasa hanya berperan sebagai silent member. Tentu, cara ini tidak menimbulkan banyak kebutuhan yang diperlukan.

6. Ganti Display Name dan Profile Picture

Cara ini cenderung membuat Anda meninggalkan grup dengan cara yang normal. Namun, yang membedakannya adalah ganti terlebih dahulu Display Name dan Profile Picture pada bagian pengaturan. Setelah mengganti kedua penunjuk identitas tersebut, Anda bisa segera bersiap untuk meninggalkan grup.

Setelah Leave Group, tidak akan ada yang mengetahui kalau Anda memutuskan untuk meninggalkan grup. Pemberitahuan yang muncul pada Whatsapp admin dan anggota lain adalah profil yang bukan menunjukkan identitas Anda.

7. Menggunakan GroupXit

Merupakan sebuah aplikasi yang hanya dapat diunduh dengan smartphone berbasis Android. Tidak heran kalau aplikasi GroupXit jarang diketahui oleh banyak orang. Namun, ada baiknya Anda dapat keluar dari grup secara diam-diam tanpa diketahui siapapun.

Meninggalkan grup yang cenderung toxic dan membuat Anda jauh dari nyaman tentu tidak ada salahnya. Apabila Anda mencoba salah satu dari beberapa cara di atas, pastikan untuk mengikuti setiap langkah-langkahnya dengan teliti supaya niat Anda dapat berjalan lancar tanpa diketahui admin atau anggota grup yang bersangkutan.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *